Jumat, 25 Oktober 2019

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Mudah

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog


Cara menghasilkan uang dari blog sebenarnya sangatlah mudah, tinggal ikut program ppc bisa ikut google adsense, kalau sulit bisa juga ikut ppc lokal, ikut program afiliasi, menyediakan slot iklan, menyediakan jasa review, jualan produk sendiri atau menggunakan cara  yang lainnya.

Sebagai seorang blogger, meskipun masih sekedar blogger-bloggeran belum jadi blogger beneran, wong nyatanya isi blognya masih ngawur dan asal buat, tentu saja kalau saya kepingin juga mendapatkan hasil dari blog, lho wajar to namanya juga manusia.

Apalagi banyak cerita tentang kisah blogger-blogger sukses yang berhasil meraup banyak uang dari blognya, cerita-cerita semacam ini, tentu saja menggoda dan merangsang nafsu saya untuk mencoba mendapatkan uang dari blog, meskipun sampai sekarang saya sendiri belum pernah mendapatkan uang dari blog.

Buat anda yang saat ini masih pemula dan berniat mencari uang lewat blog, atau saat ini anda sedang mencari cara menghasilkan uang dari blog, maka saya sarankan agar membaca postingan ini sampai selesai, biar nantinya anda tidak mengalami hal seperti apa yang saya alami.

Sebenarnya ada banyak cara menghasilkan uang dari blog, tapi yang sudah saya coba baru dua cara, yaitu ikut program ppc baik google adsense atau ppc lokal, dan yang kedua ikut program affiliasi, lalu bagaimana hasilnya …?

Hasilnya nol, alias belum menghasilkan sama sekali atau belum pernah payout sekalipun.

Lalu kenapa saya membuat postingan tentang cara menghasilkan uang dari blog, sedangkan saya sendiri belum pernah menghasilkan uang dari blog.

Tujuan saya membuat postingan ini adalah untuk berbagi cerita soal pengalaman saya, dalam usaha mendapatkan uang dari blog, meskipun sampai detik ini juga, saya belum pernah merasakan penghasilan dari blog.

Satu-satu penghasilan saya dari blog, mana kala ada seseorang yang tidak saya kenal, tertarik dengan domain yang saya gunakan pada salah satu blog milik saya, kebetulan sudah pakai domain TLD, niatnya waktu itu buat daftar adsense, tapi sayang masih ditolak.

Nah orang tadi tertarik membeli domain tersebut, yah karena saya sendiri waktu itu memang lagi butuh duit, dan kebetulan juga ditawar dengan harga yang lumayan menggoda nafsu, akhirnya setelah negosiasi yang cukup alot, domain tersebut saya jual.

Itulah kebodohan saya, blog yang pengunjungnya sudah sekitar 700 sampai 1.000 per harinya, turun menjadi sekitar ratusan pengunjung saja setiap harinya, tapi ya sudah lah, gak jadi soal, wong blog tersebut belum menghasilkan baru sekitar 1.000 - 10.000 rupiah per harinya dari ppc, maksimal baru dapat 60.000 rupiah sebulannya.

Dari pengalaman yang saya rasakan selama ini, ketika saya mencoba membuat agar blog bisa menghasilkan uang, meskipun belum berhasil sampai saat ini, namun ada pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman tersebut, dan saya baru menyadarinya belakangan ini saja, ketika saya mulai aktif ngeblog lagi.

Mengapa sampai sekarang saya belum berhasil mendapatkan uang dari blog …? Jawabannya cuma satu, yaitu trafik blog atau pengunjung blog. Penyebabnya karena pengunjung blog saya masih sangat sepi.

Semakin tinggi trafik blog dan semakin banyak pengunjung blog, maka semakin berpotensi untuk menghasilkan uang dari blog, ini pendapat saya, entah bagaimana pendapat blogger yang lain, tapi setidaknya hal inilah yang saya rasakan selama ini.

Meskipun saya sudah mencoba dan menerapkan cara menghasilkan uang dari blog yaitu melalui ppc dan affiliasi, tapi tidak ada yang menghasilkan, alasannya karena pengunjung blog saya masih sepi dan trafiknya masih sangat rendah.

Lha bagaimana dapat uang dari ppc, siapa yang mau klik iklannya, sedangkan pengunjung blognya saja masih sedikit, kalaupun ada, paling cuma satu atau dua orang saja, itupun tidak setiap hari dan mungkin karena tidak sengaja mengklik iklan yang saya pasang.

Begitu juga dengan link affiliasi yang saya pasang, nasibnya juga sama, tidak ada yang tertarik, meskipun sekedar mengklik linknya saja, hal ini karena kredibilitas blog saya masih meragukan, gimana mau dipercaya pengunjung, wong pengunjungnya saja cuma sedikit.

Kok bisa begitu…? Ya bisa dong…! Wong saya tadinya buru-buru pengen cepat dapat duit dari blog, blog yang pengunjungnya baru puluhan orang per harinya, paling banyak sekitar 100 pengunjung, sudah saya pasangi iklan ppc, siapa coba yang mau mengklik iklannya, kalau sebagian besar pengunjungnya adalah teman sesama blogger hasil dari blogwalking, bukan pengunjung dari mesin pencari atau search engine.

Ditambah lagi saya terlalu fokus mencari cara dapat uang dari blognya, bukan fokus mengurus blog dan mendatangkan pengunjung, akhirnya malah jadi kacau semuanya.

Maka dari itu, saya belajar dari pengalaman yang sudah terjadi, saya menyimpulkan kalau sebenarnya menghasilkan uang dari blog itu sangat mudah, wong tinggal pasang iklan ppc atau ikut program affiliasi, maupun menggunakan cara yang lain untuk menghasilkan uang dari blog.

Tapi yang pertama dan yang utama sebelum kita menerapkan cara-cara tersebut, kita harus mempersiapkan blognya dulu, apakah blog sudah siap untuk digunakan mencari uang atau belum.

Terutama adalah pengunjung atau trafiknya, karena pengunjung maupun trafik blog merupakan sumber penghasilan itu sendiri, dan ini menurut saya yang paling sulit dan butuh waktu yang tidak sebentar.

Tanpa pengunjung tentu blog tidak akan menghasilkan dan tidak akan memberikan penghasilan untuk kita, untuk itu datangkan pengunjung sebanyak-banyaknya dulu, sebelum memikirkan atau menerapkan cara agar blog bisa memberikan hasil untuk kita.

Jika pengunjung blog sudah banyak, tentu untuk menghasilkan uang dari blog menjadi jauh lebih mudah, karena kita bisa lebih fokus bagaimana mengoptimalkan blog agar menghasilkan.

Hal ini tentu akan berbeda dan akan terasa lebih sulit dan berat jika pengunjung blog masih sepi, bahkan kalau pengunjung blog sudah sangat banyak, kita tidak perlu mencari pemasang iklan, tapi sebaliknya malah dicari oleh para pemasang iklan.

Untuk itu sekarang ini saya berusaha fokus pada pengembangan blog ini dulu, berusaha agar blog bisa memiliki banyak pengunjung, mulai dari rajin menulis artikel dan belajar membuat artikel yang berkualitas, meskipun sekarang masih ngawur dan asal tulis.

Saya akan usahakan lebih rajin lagi dalam melakukan blogwalking, karena manfaat blogwalking ini sangat banyak, juga bisa membantu meningkatkan trafik blog, dan tentu saja masih banyak hal lain yang harus dilakukan agar blog siap untuk dimonetize, sehingga bisa memberikan penghasilan.

Kalau blog sudah siap dan memiliki trafik yang dirasa cukup tinggi, target saya 1000 - 1500 viewer per harinya, baru nanti saya akan memikirkan tentang bagaimana dan cara apa yang akan saya gunakan agar bisa menghasilkan uang dari blog.

4 komentar:

  1. Kalau blog saya, saya juga tidak mendapatkan uang, dan juga saya tidak memasang ppc atau lain nya.., karna ya sama seperti yg kamu katakan sob, pengunjung blog saja masih sepi.. gimana mau menghasilkan uang.

    Kalau dulu penghasilan saya bukan dari blog, tapi dari wap download musik, kalau itu lebih menjanjikan..., tapi sayang nya baru menikmati sebentar, tempat membuat wap nya atau hosting nya keburu tutup, jadi nya gak ada penghasilan lagi..., kini hanya tinggal blog ini saja, itupun jarang update.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu saya mikirnya ngeblog biar dapat duit sob, sekarang pun harapan saya masih sama, cuma sekarang saya sadar kalau mau dapat duit dari blog, intinya tetap berada pada pengunjung blog, kalau pengunjung masih sepi jangan terlalu berharap bisa dapat duit dari blog.

      Hapus
  2. Sama mas, intinya trafik dari pengunjung harus maksimal

    BalasHapus
  3. Sekaran ini saya lagi fokus dengan menghasilkan uang melalui afilasi dan iklan lokal, sedangkan iklan adsense sudah merosot tajam

    BalasHapus