Jumat, 18 Oktober 2019

Manfaat dan Perlunya Melakukan Blogwalking

Berbicara tentang aktivitas ngeblog atau kegiatan blogging, tentu kurang lengkap jika tidak membahas tentang blogwalking, mulai dari pengertian, manfaat, cara melakukannya, dan alasan mengapa blogwalking perlu dilakukan oleh setiap blogger.

Dari beberapa blog yang pernah saya kunjungi, entah blog tersebut mengulas tentang blogging ataupun membahas tetang hal yang lain, hampir sebagian besar pemiliknya, tidak ketinggalan mengulas tentang blogwalking dan menyarankan agar setiap blogger rajin melakukan blogwalking.

Sebegitu pentingkah blogwalking dalam kegiatan blogging...? Sampai-sampai hampir semua blogger mengulas, mengingtkan dan menyarankan agar jangan lupa melakukan blogwalking dan menjadikannya sebagai rutinitas, disamping menulis artikel.

Pengertian Blogwalking Secara Sederhana.


Bagi anda blogger kawakan, blogger sepuh, blogger profesional atau blogger senior yang lebih dulu aktif dalam dunia perbloggingan, saya sangat yakin seyakin-yakinnya kalau anda sudah pasti tahu, dan tentu saja anda sudah sangat paham tentang blogwalking, karena anda pasti juga rajin melakukannya.

Tapi bagaimana dengan blogger pendatang baru atau blogger pemula, saya kira tidak semua dari mereka sudah tahu tentang blogwalking, dan jelas pasti ada diantara merekabyang belum ngeh, dengan istilah blogwalking, wong saya sendiri juga begitu, waktu pertama kali kenal tentang blogging, saya merasa asing dengan isitilah blogwalking.

Wajar to, wong namanya juga pemula, kalau sudah paham tentu bukan pemula lagi.

Menurut para blogger sepuh, dan juga menurut versi saya, meskipun kadang bisa sedikit beda, wong kadang pendapat saya suka sedikit ngawur, beda dengan para sesepuh perbloggingan.

Blogwalking menurut pendapat saya berasal dari dua kata blog dan walking, blog yang artinya blog sedangkan walking artinya jalan-jalan, jadi blogwalking artinya adalah jalan-jalan ke blog.

Lalu bllog siapa yang dimaksud ….? Tentu saja blog milik orang lain, yang mana mereka juga melakukan aktivitas ngeblog seperti kita, mosok jalan-jalan ke blog sendiri, itu sih namanya bukan blogwalking tapi ngecek tulisan di blog sendiri, barang saja ada kata yang salah atau kurang tepat kalimatnya.

Manfaat Blogwalking, Dan Mengapa Blogger Perlu Melakukan Blogwalking …?


Sebenarnya hampir semua blogger yang menulis tentang blogwalking, mereka pasti sudah menjelaskan manfaat dan perlunya melakukan blogwalking.

Tapi karena dalam postingan kali ini, blogwalking menjadi ide yang akan saya kembangkan sebagai bahan menulis artikel untuk mengupdate blog ini.

Makanya saya ikut-ikutan berbagi cerita dan pengalaman tentang manfaat dan perlunya melakukan blogwalking, jadi mengenai manfaat blogwalking ini akan saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, yang mana manfaat-manfaat dari blogwalking tersebut benar-benar sudah saya rasakan.

Jadi anda jangan kaget, apalagi protes, sebab bisa saja nanti pembahasannya sedikit berbeda dengan blogger yang lain, tapi semoga saja bisa sama, hehehe.

Oke sobat semuanya, biar gak kepanjangan dan untuk menghemat kata serta menyingkat waktu langsung saja, mari kita lanjutkan membaca tulisan ini sampai selesai.

Beberapa Manfaat Penting Blogwalking Untuk Para Blogger Dan Sangat Bagus Perkembangan Blog.


Manfaat yang saya rasakan dari kegiatan blogwalking diantaranya adalah sebagai berikut : Yang pertama menambah teman dan kenalan sesama blogger, dengan melakukan blogwalking saya jadi kenal dengan blogger A, blogger B, juga nama blog dan apa yang dibahas di blog tersebut.

Dulu lumayan sering saya melakukan blogwalking, dan tahu nama-nama blog milik blogger lain, meski sekarang sudah banyak yang lupa. Maka dari itu, sekarang saya mulai lagi aktivitas blogwalkingnya biar banyak lagi kenalannya.

Yang kedua menambah wawasan, pengalaman dan pengetahuan serta menjadi salah satu cara untuk menemukan ide-ide baru, kalau pas kebetulan kehabisan ide untuk menulis artikel buat update blog.

Nah dengan berkunjung atau mengunjungi blog-blog orang lain, otomatis kita akan banyak membaca tulisan-tulisan orang lain, dengan berbagai macam topik yang dibahas disana, dari sini kita akan menemukan pengetahuan-pengetahuan baru, dan juga informasi-informasi yang kadang belum pernah kita ketahui sebelumnya.

Ingat pepatah mengatakan kalau membaca merupakan jendela dunia, bukan jendela hati mantan, cie cie ada yang baper.

Jadi sebagai blogger tidak ada salahnya rajin membaca tulisan orang lain dan banyak melakukan blogwalking.

Kadang-kadang dengan mampir ke blog tetangga, kita bisa menemukan ide-ide segar untuk menulis artikel, cocok banget buat blogger yang sering kehabisan ide seperti saya.

Yang ketiga manfaat blogwalking adalah sebagai sarana untuk promosi blog, dan dapat membantu meningkatkan trafik blog. Ini sangat lumrah karena saat kita berkunjung ke blog milik orang lain, maka sedikit banyak pemilik blog tersebut akan penasaran sama kita, dan akhirnya tertarik untuk berkunjung balik ke blog milik kita.

Setidaknya inilah yang aku rasakan saat ini, pada blog ini, rata-rata pengunjungnya berasal dari beberapa pemilik blog, yang blognya pernah aku kunjungi.

Selain itu, katanya komentar-komentar yang ditinggalkan atau dituliskan oleh blogger yang berkunjung ke blog kita, hal itu akan membantu blog kita lebih mudah terindex oleh mesin pencari.

Jadi kesimpulannya semakin banyak komentar yang ditinggalkan, asal jangan komentar spam, maka akan semakin bagus untuk perkembangan blog kita.

Kalau mau dibahas lebih lanjut, sebenarnya masih banyak manfaat lain dari blogwalking, tapi karena ini menurut versi saya, jadi dalam membahas tentang manfaat blogwalking ini, berdasarkan apa yang sudah saya rasakan, nanti jika sudah merasakan manfaat yang lain, bisa ditambahkan lagi blog ini.

Jadi apakah blogwalking itu perlu dilakukan …? Mengingat manfaatnya sangat banyak dan akan sangat membantu sekali untuk perkembangan blog, maka blogwalking merupakan salah satu kegiatan bagian dari aktivitas ngeblog yang sangat perlu dilakukan oleh setiap blogger.

Dan kegiatan blogwalking ini, memang terbukti cukup ampuh untuk mendatangkan pengunjung ke blog milik kita, sekaligus meningkatkan trafik blog, kalau semakin banyak pengunjungnya, maka blog kita akan semakin bagus nilainya, sehingga akan semakin dekat jika memiliki keinginan mendapatkan penghasilan dari blog.

8 komentar:

  1. Dengan sering membaca atau berblog walking akhirnya jendela hati terbuka dan saling jatuh cinta. ada lo, yang awalnya itu saling berkoment ria, akhirnya menjadi jodoh dan menikah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali gan, blogwalking membuat kita jadi tambah kenalan, dan sekarang ini saya lagi coba aktiflagi melakukan blogwalking

      Hapus
  2. halo mas dah lama ngak kesini, habis sibuk sayanya. saya setuju tu mas, blogwalking itu kudu emang harus dilestarikan, bukan karena blog biar laris, tapi lebih kepada silaturahmi sesama saudara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas, saya juga lama gak aktif blogwalking, makanya sekrang lagi mau aktif lagi

      Hapus
  3. blogwalking menjadi wajib hukumnya bagi blogger asal jangan baperan ketika kita blogwalking tapi tidak di kunjungi balik oleh blogger yang kita komentari blognya... Kalau hal itu terjadi ya sudah kita pun jangan blogwalking lagi ke blog tersebut... Cari blogger yang asik dan ngga sok paling blogger.... wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin lagi sibuk om, jadi belum sempat berkunjung balik, yang penting dapat ilmunya aja dari blog orang lain

      Hapus
  4. Manfaatnya banyak sekali nih mas blogwalking untuk memperbaiki perkembangan blog kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali gan, dengan blogwalking sama saja kita bisa belajar dari blog lain, mulai dari gimana nulis artikel, tampilan blog, semuanya bisa memberikan inspirasi untuk kita, jadi semakin sering kita blogwalking akan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan.

      Hapus